Sejarah berasal dari kata Syajaratun yang berarti pohon. Pohon yang terdiri dari akar.batang dan ranting serta daun dengan pertumbuhan mulai dari bibit (biji), kemudian tumbuh menjadi tunas, kemudian menjadi pohon kecil hingga menjadi pohon yang kuat adalah pemaknaan peristiwa-peristiwa dari sejarah itu sendiri. Kita bisa mengambil contoh lain yakni pohon silsilah. Kebiasaan orang Arab membuat pohon silsilah dengan diagram Nasab (garis keturunan). Bentuknya seperti diagram yang menjelaskan garis keturunan suatu keluarga. Itulah sejarah keluarga atau marga. Maka hingga kita kita mengenal Habib yakni orang yang memiliki keturunan dari Rasulullah SAW. Pohon silsilah memberikan wacana akan pengertian sejarah yang berarti Syajaratun atau pohon.
Adapun pengertian sejarah dari bahasa atau ilmu pengetahuan adalah : Ilmu pengetahuan yang menanamkan pengetahuan dan nilai-nilai mengenai proses perubahan dan perkembangan masyarakat Indonesia dan dunia dari masa lampau sampai sekarang ( dikutip dari buku IPS Sejarah kelas VII karangan Nana Supriatna). Definisi diatas dibagi atas 2 : Sejarah sebagai kisah dan sejarah sebagai peristiwa. Sejarah sebagai kisah adalah : hasil penggambaran atau rekonstruksi peristiwa masa lalu yang dilakukan oleh penulis dan sejarawan. Adapun sejarah sebagai peristiwa atau dalam arti obyektif, yaitu menunjuk kepada peristiwa itu sendiri yang sudah terjadi.
Pengertian sejarah baik secara istilah ataupun bahasa / pengetahuan memberikan pemahaman bahwa sejarah mempelajari peristiwa masa lalu untuk di jadikan pelajaran sebagai kemajuan di masa kini dan akan datang. Karena itu ingat pesan tokoh proklamator Indonesia yakni Jas Merah yakni janganlah sekali-kali kita melupakan sejarah. Selamat belajar sejarah semoga kita menjadi orang yang bijak.

One response »

  1. baharsejarah mengatakan:

    Selamat atas lahirnya Blog Kilas Sejarah Semoga dapat mencerahkan sejarah serta menjadi media belajar Siswa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s